Ads 468x60px

Tuesday, July 9, 2013

PENYULUHAN BERKELOMPOK TENTANG ASI EKSLUSIF

Sesuai dengan sasaran MDGs di bidang kesehatan khususnya yang berkaitan dengan akreditasi rumah sakit, yang salah satu programnya meningkatkan kesehatan maternal dan mengurangi jumlah kematian anak, Maka PKRS ikut berpartisipasi dalam pemenuhan sasaran MDGs tersebut dalam bentuk penyuluhan berkelompok di ruang nifas.Kegiatan penyuluhan berkelompok khususnya kelompok ibu post partum dan ibu menyusui intens di laksanakan Promosi kesehatan Rumah Sakit  bekerjasama dengan tenaga bidan profesional yang bertugas di perawatan Nifas RSUD sinjai, dengan sasaran ibu – ibu yang bersalin di PONEK yang kemudian di rawat di Ruang Nifas.
Penyuluhan berkelompok di ruang nifas di laksanakan dengan memanfaatkan jam besuk. Hal ini di laksanakan guna penyebaran informasi yang lebih menyeluruh bukan hanya kepada ibu menyusui tetapi  juga dapat bermanfaat bagi suami sebagai ayah ASI atau keluarga yang bisa mendukung pemberian ASI ekslusif. 

Materi yang di bawakan beragam setiap harinya seperti ASI ekslusif, keluarga berencana,imunisasi ,perawatan bayi sehari- hari,cara menyusui yang baik dan benar  dan perawatan payudara. Tetapi yang paling utama di sampaikan pada kelompok ibu post partum dan ibu menyusui adalah pentingnya pemberian ASI ekslusif. Asi ekslusif adalah pemberian air susu ibu saja tanpa makanan atau minuman lain kepada bayi sejak lahir sampai berusia 6 bulan.Penelitian terbaru menyebutkan bahwa pemberian ASI yang terlambat  dapat meningkatkan resiko kematian bayi. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya kesadaran ibu dan kurangnya informasi tentang manfaat ASI. Menyingkapi hal ini kami sebagai Tim promosi kesehatan bertujuan mengubah persepsi masyarakat dari tidak tau menjadi tau melalui pembelajaran dari,oleh,untuk dan bersama masyarakat agar mereka dapat menolong diri sendiri,serta mengembangkan kegiatan yang bersumber daya masyarakat sesuai sosial budaya setempat dan di dukung kebijakan yang berwawasan kesehatan.  Dan penyuluhan berkelompok inilah yang menjadi media kami berbagi informasi dengan masyarakat khususnya yang berada di kawasan rumah sakit.Kedepannya dukungan dari Pimpinan Rumah Sakit dengan peningkatan sarana dan prasarana pendukung kegiatan PKRS, dan peran serta dari seluruh Petugas Rumah sakit demi terlaksananya kegiatan  PKRS yang berkesinambungan. Sampai jumpa di informasi kesehatan lainnyaSalam sehat bersama PKRS .....!!
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment