Ads 468x60px

Monday, June 17, 2013

Kegiatan Promkes RS Sinjai


Penyuluhan berkelompok di Rawat inap
Rumah sakit daerah sinjai berada di kabupaten sinjai provinsi sulawesi selatan, sebagai rumah sakit dengan tipe C, Rumah sakit sinjai terus  berupaya meningkatkan mutu pelayanan di antaranya melalui peningkatan promosi kesehatan. PKRS di bentuk dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat agar mereka dapat menolong diri sendiri serta mengembangkan kegiatan yang bersumber dari masyarakat sesuai sosial budaya setempat.
Maka dr. Andi Suryanto Asapa selaku direktur rumah sakit umum sinjai memandang perlu pembentukan Tim promosi kesehatan. Awal terbentuk PKRS pada akhir juli 2012 dan kemudian di lakukan revisi SK Tim PKRS pada bulan november 2012 serta menetapkan tujuan ,kebijakan,struktur dan sosialisasi PKRS kepada seluruh pegawai RS   seiring dengan beragamnya kegiatan yang di lakukan oleh PKRS.

Penyuluhan berkelompok di Rawat inap (kelompok TB)
Kegiatan – kegiatan yang di lakukan PKRS antara lain penyuluhan kepada petugas,pembesuk, serta Penyuluhan berkelompok tentang pengendalian penyakit di rawat inap dengan sasaran pasien atau penjaga pasien. Adapun kegiatan rutin yang di lakukan adalah gerakan cuci tangan massal yang di lakukan setiap hari di masing- masing unit pelayanan dimana penanggung jawab PKRS di unit mengajak semua petugas,pasien,keluarga pasien untuk mencuci tangan yang baik dan benar sesuai 6 langkah mencuci tangan. kegiatan ini di lakukan sebagai bentuk peran PKRS dalam pengendalain dan penyebaran infeksi. Ada juga kegiatan fisik bersama direktur berupa pembentukan klub sepeda KS3 (komunitas sepeda sehat sinjai) kegiatannya berupa sepeda lintas alam atau sepeda santai.

Dengan adanya program PKRS ini ,seluruh petugas di Rumah sakit umum daerah sinjai semakin mengerti tentang PKRS dan meningkatkan peran dan kapasitas mereka terutama dalam berbagi informasi kesehatan yang di bagikan kepada pasien,keluarga dan pengunjung rumah sakit. Sementara itu untuk media-media promosi kesehatan tersedia berbagai poster tentang penyakit, himbauan dan ajakan untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat serta selebaran hasil penyuluhan yang bisa di bawa pulang.

Penyuluhan berkelompok di Rawat inap ( kelompok Asi Eksklusif )
Kedepannya partisipasi seluruh jajaran dan petugas rumah sakit umum daerah Sinjai di harapkan untuk peningkatan pelayanan PKRS demi tercapainya mutu pelayanan rumah sakit sinjai sesuai motto “ONE HEART FOR EXCELENT SERVIS....MARI BERBAGI INFORMASI KESEHATAN DAN SEHAT BERSAMA KAMI DI PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT SINJAI
Kegiatan cuci tangan massal yang rutin  dilaksanakan setiap hari sebelum memulai pelayanan di tiap unit.
Loundry dan Cleaning servise ( CS ) melakukan cuci tangan massal sebelum kegiatan rutin
Salah satu kegiatan PKRS adalah sosialisasi cuci tangan kepada pasien,petugas dan  pengunjung RS.


                                         SALAM SEHAT TIM PROMKES
       
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment