Ads 468x60px

Tuesday, March 19, 2013

RSUD Sinjai Mengejar Akreditasi

Mengejar Akreditasi versi 2012
Workshop Akreditasi RSUD Sinjai
Akreditasi merupakan bentuk pengakuan yang diberikan kepada pemerintah pada rumah sakit yang telah memenuhi standar yang ditentukan. Adanya akreditasi dapat memotivasi peningkatan mutu dan meningkatkan image rumah sakit sehingga bisa dapat meningkatkan posisi tawar dengan pihak ketiga seperti asuransi dan perusahaan. Sedangkan bagi pasien, akreditasi dapat dijadikan acuan dalam memilih rumah sakit dan jaminan untuk mendapatkan pelayanan yang bermutu.
Menurut UU Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit mengamanatkan upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali. Sekaligus mutu pelayanan kesehatan secara berkesinambungan, maka
dilakukan perbaharuan dari akreditasi lama menuju akreditasi nasional versi 2012.
RSUD Sinjai yang kini telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) juga sedang bersiap untuk menghadapi akreditasi tersebut, untuk itu dibentuk kelompok kerja (pokja) sesuai dengan 4 kelompok standar dalam Akreditasi versi 2012 yakni standar pelayanan berfokus pada pasien, manajemen rumah sakit, keselamatan pasien, dan Millenium Development Goals (MDG’s).
Beberapa rangkaian kegiatan telah dilaksanakan sesuai arahan dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yakni  pada tanggal 28-29 Mei 2012 telah dilaksanakan workshop dengan pemateri dr. Djoti, Sp.A.,MARS, dr. Niko A Lumenta, K.Nefro, dan dr. Koesno Martoatmodjo. Pada tanggal 23-24 November 2012 telah dilaksanakan bimbingan oleh dr. Nurul Aini Sidik, MARS, dr. Nina Sekartina, MHA, dr. Henry  Boyke Sitompul, Sp.B dan Dra. Pipih Karniasih, SKp.,M.Kep. menindak lanjuti rekomendasi dari pembimbingan tersebut kemudian dibentuk Tim evaluasi kemajuan persiapan akreditasi RS versi 2012.
Pemenuhan standar-standar yang telah ditetapkan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) terus dilakukan oleh pokja-pokja bekerja sama dengan seluruh petugas rumah sakit guna persiapan pelaksanaan survey simulasi oleh surveyor dari KARS yang akan datang.  
Direktur RSUD Sinjai bersama Staff, dr. Djoti Sp.A, MARS dan dr. Koesno Martoatmodjo
dr. Nico A Lumenta, K.Nefro, dr. Muki bersama staff RSUD Sinjai
Bimbingan Akreditasi oleh  dr. Nurul Aini Sidik, MARS, dr. Nina Sekartina, MHA, dr. Henry  Boyke Sitompul, Sp.B dan Dra. Pipih Karniasih, SKp.,M.Kep.

Comments
1 Comments

1 komentar:

pelangsing alami said...

Terima kasih info nya sangat bermanfaat :)

Post a Comment