Ads 468x60px

Thursday, December 16, 2010

ASPEK-ASPEK YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI RUMAH SAKIT

Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dalam hal ini pasien adalah hal penting yang mempengaruhi kepuasan pasien. Pasien yang puas merupakan aset yangsangat berharga karena apabila pasien puas mereka akan terus melakukan pemakaian terhadap jasa pilihannya, tetapi jika pasien merasa tidak puas mereka akan memberitahukan dua kali lebih hebat kepada orang lain tentang pengalaman buruknya.Untuk menciptakan kepuasan pasien suatu perusahaan atau rumah sakit harus menciptakan dan mengelola suatu system untuk memperoleh pasien yang lebih banyak dan kemampuan untuk mempertahankan pasiennya.
Menurut Griffith (1987) ada beberapa aspek-aspek yang mempengaruhi perasaan puas pada seseorang yaitu:


a. Sikap pendekatan staf pada pasien yaitusikapstafterhadap pasien ketika pertama kali datang di rumah
    sakit.
b Kualitas perawatan yang diterima oleh pasien yaitu apa saja yang telah dilakukan oleh pemberi layanan
   kepada pasien, seberapa pelayanan perawatan yang berkaitan dengan proses kesembuhan penyakit
   yangdiderita pasien dan kelangsunganperawatan pasienselamaberada dirumahsakit.
c. Prosedur administrasi yaitu berkaitan dengan pelayananadministrasi pasien dimulai masuk rumah sakit
    selama perawatan berlangsungsampaikeluar dari rumah sakit.
d. Waktu menunggu yaitu berkaitan dengan waktu yang diperbolehkan untuk berkunjung maupun untuk
    menjaga dari keluarga maupun orang lain dengan memperhatikan ruang tunggu yang memenuhi standar
    standar rumah sakit antara lain: ruang tunggu yang nyaman, tenang, fasilitas yang memadai misalnya
    televisi, kursi, air minum dan sebagainya.
e. Fasilitas umum yang lain seperti kualitas pelayanan berupa makanan dan minuman, privasi dan kunjungan.
    Fasilitas ini berupa bagaimana pelayanan terhadap pemenuhan kebutuhan pasien seperti makanan dan
    minuman yang disediakan dan privasi ruang tunggu sebagai sarana bagi orang-orang yang berkunjung
    rumah sakit.
f. Fasilitas ruang inap untuk pasien yang harus rawat. Fasilitas ruang inap ini disediakan ikehendakinya.
g. Hasil treatment atau hasil perawatan yang diterima oleh pasien yaitu perawatan yang berkaitan dengan
    kesembuhan penyakit pasien baik berupa operasi, kunjungan dokter atau perawat.Tingkat kepuasan antar
    individu satu dengan individu lain berbeda. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh dari faktor jabatan,
    umur, kedudukan sosial, tingkat ekonomi, pendidikan, jenis kelamin, sikap mental dan kepribadian (Sugiarto,1999). Selain itu kepuasan pasien tidak hanya dipengaruhi oleh jasa yang dihasilkan oleh suatu rumah sakit semata, tetapi juga dipengaruhioleh pelayanan yang diberikan oleh petugas rumah sakit baik dokter, perawat, dan staf-staf lainnya.
Comments
2 Comments

2 komentar:

dominik said...

Baca juga artikel berikut ini, semoga bermanfaat
kuliner bintaro unik yang bisa bersantai sambil menikmati kopi

Mugiwara Luffy said...

tapi bukan kah sekarang kenyamanan pasien ditentukan oleh jumlah uang yang dia punya. # maaf karna ada beberapa rumah sakit yang seperti itu

Post a Comment